Istri Yang Sholehah

Istri Yang Sholehah

131 1140

Hari itu merupakan hari bahagiaku, alhamdulillah. Aku telah menyempurnakan separo dienku: menikah. Aku benar-benar bahagia sehingga tak lupa setiap sepertiga malam terakhir aku mengucap puji syukur kepada-Nya.

Hari demi hari pun aku lalui dengan kebahagiaan bersama istri tercintaku. Aku tidak menyangka, begitu sayangnya Allah Subhanahu wa Ta’ala kepadaku dengan memberikan seorang pendamping yang setiap waktu selalu mengingatkanku ketika aku lalai kepada-Nya. Wajahnya yang tertutup cadar, menambah hatiku tenang.

Yang lebih bersyukur lagi, hatiku terasa tenteram ketika harus meninggalkan istri untuk bekerja. Saat pergi dan pulang kerja, senyuman indahnya selalu menyambutku sebelum aku berucap salam. Bahkan, sampai saat ini aku belum bisa mendahului ucapan salamnya karena selalu terdahului olehnya. Subhanallah.

Wida, begitulah nama istri shalihahku. Usianya lebih tua dua tahun dari aku. Sekalipun usianya lebih tua, dia belum pernah berkata lebih keras daripada perkataanku. Setiap yang aku perintahkan, selalu dituruti dengan senyuman indahnya.

Sempat aku mencobanya memerintah berbohong dengan mengatakan kalau nanti ada yang mencariku, katakanlah aku tidak ada. Mendengar itu, istriku langsung menangis dan memelukku seraya berujar, “Apakah Aa’ (Kakanda) tega membiarkan aku berada di neraka karena perbuatan ini?”

Aku pun tersenyum, lalu kukatakan bahwa itu hanya ingin mencoba keimanannya. Mendengar itu, langsung saja aku mendapat cubitan kecil darinya dan kami pun tertawa.

Sungguh, ini adalah kebahagiaan yang teramat sangat sehingga jika aku harus menggambarkanya, aku tak akan bisa. Dan sangat benar apa yang dikatakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Dunia hanyalah kesenangan sementara dan tidak ada kesenangan dunia yang lebih baik daripada istri shalihah.” (Riwayat An-Nasa’i dan Ibnu Majah).

Hari terus berganti dan tak terasa usia pernikahanku sudah lima bulan. Masya Allah.

Suatu malam istriku menangis tersedu-sedu, sehingga membangunkanku yang tengah tertidur. Merasa heran, aku pun bertanya kenapa dia menangis malam-malam begini.

Istriku hanya diam tertunduk dan masih dalam isakan tangisnya. Aku peluk erat dan aku belai rambutnya yang hitam pekat. Aku coba bertanya sekali lagi, apa penyebabnya? Setahuku, istriku cuma menangis ketika dalam keadaan shalat malam, tidak seperti malam itu.

Akhirnya, dengan berat hati istriku menceritakan penyebabnya. Astaghfirullah… alhamdulillah, aku terperanjat dan juga bahagia mendengar alasannya menangis. Istriku bilang, dia sedang hamil tiga bulan dan malam itu lagi mengidam. Dia ingin makan mie ayam kesukaanya tapi takut aku marah jika permohonannya itu diutarakan. Terlebih malam-malam begini, dia tidak mau merepotkanku.

Demi istri tersayang, malam itu aku bergegas meluncur mencari mie ayam kesukaannya. Alhamdulillah, walau memerlukan waktu yang lama dan harus mengiba kepada tukang mie (karena sudah tutup), akhirnya aku pun mendapatkannya.

Awalnya, tukang mie enggan memenuhi permintaanku. Namun setelah aku ceritakan apa yang terjadi, tukang mie itu pun tersenyum dan langsung menuju dapurnya. Tak lama kemudian memberikan bingkisan kecil berisi mie ayam permintaan istriku.

Ketika aku hendak membayar, dengan santun tukang mie tersebut berujar, “Nak, simpanlah uang itu buat anakmu kelak karena malam ini bapak merasa bahagia bisa menolong kamu. Sungguh pembalasan Allah lebih aku utamakan.”

Aku terenyuh. Begitu ikhlasnya si penjual mie itu. Setelah mengucapkan syukur dan tak lupa berterima kasih, aku pamit. Aku lihat senyumannya mengantar kepergianku.

“Alhamdulillah,” kata istriku ketika aku ceritakan begitu baiknya tukang mie itu. “Allah begitu sayang kepada kita dan ini harus kita syukuri, sungguh Allah akan menggantinya dengan pahala berlipat apa yang kita dan bapak itu lakukan malam ini,” katanya. Aku pun mengaminkannya.

SIMILAR ARTICLES

131 COMMENTS

  1. Subhanalloh…
    Moga kelak di hadiahi istri yg sholehah bwt kk, amin.
    *siap2 ntar law istrinya ngidam bika ambon dari medan, wkwkwkwk
    *P.E.A.C.E..^_^..

  2. subhanallah… semoga dari bapak dan ibu menjadi keluarga yang wara…. mendapat keturunan yang saleh dan dapat mengantar umat ini ke masa kejayaan…. amiin ya Rabbal alamiin..

    • pro Abu Shofiyyah
      pengin nikah aatu nikah lagi
      gimana nasib ummu shofyyah
      trus shofiyyah punya ibu tiri donk…
      canda! peace…

  3. subbhanallah… Sngat bruntng lah orng yg mn Smdpat istri sholeha. Ya ALLAH smoga Engkau mnjdikan hmba sbgai istri yg sholeha.. amiiiiin……

  4. SUBHANALLAH…
    cerita antum membuat air mata ana menetes,krn trt serta bahagia dan brsyukur kpd allah yg selalu menyayangi umat nya yg shaleh dan shalehah.

  5. Subhanalloh
    cartanya bikin hati an’e bergetarr ,, ,

    sungguh beruntung punya Istri Sholehah .,

    Ya Robb ,, bila Hamba pantas ?? permudahkanlah hamba untuk temukan Istri Sholehah ,,

  6. Subhanallah,,,,

    Indahnya menjadi Isri sholeha,,
    semoga kita wahai muslimmah bisa menjadi Bidadari surga untuk suami kita kelak,,
    dan menghantarkan orang tua kita ke dalam Surga-Nya atas ketaatan kita pada mereka, suami kita terutama Rabb kita,,,
    amiin,,
    teladan yang luar biasa,,
    semoga istrinya menjadi bidadari surga akhirat dan Dunia mu sahabat…
    aamiin,,, :)

  7. Subhanallah ingin menangis rasanya membaca kisah ini……
    sungguh bahagianya dia memiliki istri solehah….. hamba jg pengen menjadi istri solehah y ALLAH
    dan semoga aku bisaaaa menjadi istri solehah bwt suamiku yg sholeh
    aminnnnnnnnnnnnnnnnnnn……….

  8. Pentingnya kita harus mengasihi dan menyayangi keluarga sesuai dengan syariat agama, pasti hasilnya akan indah. Hati2 dengan facebook ulama mengatakan haram lho, Semoga kita diberikan kesabaran dalam menghadapi ujian……………………
    Saya orang awam, numpang cerita, Alhamdullillah saya termasuk laki-laki yang sangat beruntung mendapatkan istri yang solehah. Saat ini cukup satu saja dulu karena saya sudah merasa puas jasmani dan rokhani………………………..
    Saya berkeinginan menggunakan sisa hidup saya memperjuangkan agama dengan istri saya pergi keseluruh pulau2 di negeri ini dan keseluruh negera2 yang ada di belahan bumi ini……………………………….
    Saya juga ingin memiliki masjid dan ponpes meskipun kecil dan sederhana yang penting gratis………amin 3x, Setelah lulus SD insyaAllah kedua anak saya, saya masukan ke ponpes khusus untuk menghafal alQuran, Alhamdulillah satu orang akan khatam……………saya akan mempersiapkan diri dan keluarga sungguh2 untuk menghadapi datangnya Dajal dan fitnahnya……………….kalau saya tidak menghadapi mungkin anak2 saya akan menghadapinya………..mohon doanya

  9. Subhanallah,,,,mnetes air mata ana mmbca kisah dAtas,
    1000 : 1 wanita sperti itu dZman skrg, Smoga Qt ( akhwat ) mampu mnjadi istri shaleha n mmpu mnjdi teladan bagi siapa saja, ammin Allahumma amiiin,,,
    syukron buat kisah diatas.
    Barokallah

  10. Aku iri….aku belum bisa mendidik istriku menjadi sholehah, tapi alhamdulillah… istriku sangat sayang padaku………. Ya Allah jadikanlah aku dan keluargaku menjadi keluarga yang kau rahmati..amin

  11. subhanallah..yg menganugrahi istri solehah utk antum..semoga menjadi keluarga yg d cintai penduduk langit dan bumi..teruntuk istriku semoga engkaupun menjadi perhiasan terindah dlm hidupku..amiin..amiin

  12. Allah benar2 maha adil dan selalu sayang pada semua umatnya yang selalu ingat padanya…
    ya Allah berikanlah aku suami yang soleh dan baik serta dapat menjaga dan membahagiakan ku sampai akhir hayat. aminnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  13. salamun ‘alaika, ya akhi…
    Alhamdulillah, setelah mendengar kisah anda ini, aku tidak tahu kenapa hati ini merasa senang.

    Salamun ‘alaika ya akhi,,,
    :)

  14. subhanallah……….air mta q tak mampu q bendung lagi..smoga anak2 ukhti kelak mampu mnjadi pejuang islam yg sllu dalam ridha ALLAH.

  15. subhanallah. afwan ya akhy izin share ya, smoga banyak lagi yang termotivasi menjadi lebih baiik. khususnya menjadi istri yang sholehah. :)

  16. Subhanallah…jauh 180 derajat dengan kisah keluarga ku,mungkin esok nanti aku diberikan kembali istri yang sholehah seperti wanita di atas.Sebenar nya saya ingin sekali mencari solusi nya di sini tentang kehidupan rumah tanga ku.Yang hampir berantakan akibat ulah istri ku yang durhaka pada suami…..

  17. Subhanallah…..berbahagialah orang yang mendapat istri yang sholehah….karena istri sholehah adalah merupakan rahmat ALLAH terhadap orang yang menikahinya. SUbhanallah…sungguh ku menangis memebaca ini semua…….

  18. semoga kita semua sebagai wanita bisa menjadi wanita soleha yang sesungguhnya yang sll bisa mendampingi suami kita di dunia dan di akherat. amin…

  19. Dan yang paling meharukan lagi kata-kata
    Ketika aku hendak membayar, dengan santun tukang mie tersebut berujar, “Nak, simpanlah uang itu buat anakmu kelak karena malam ini bapak merasa bahagia bisa menolong kamu. Sungguh pembalasan Allah lebih aku utamakan.”

  20. lelaki harus menjadi shaleh dulu untuk lebih mudah dapat istri shalihah. Janji Allah bahwa lelaki yang baik itu hanya untuk wanita yang baik. Wanita yang baik hanya untuk lelaki yang baik pula.

  21. Ya Allah…. Jadikan kami lelaki yg engkau pantaskan mendapatkn wanita shalihah, shingga dgn kkuatan yg engkau anugrahkan ini kami bisa mlindungi permata syurga-MU…!

  22. subhanallah cerita yang bisa jadi panutan..rasa iri..mudah-mudahan dipertemukan dengan istri yang sholehah kelak..aamiin..

    kalo boleh ijin copas..buat di share ke teman-teman..??

  23. wanita sholeha juga akan mendapatkan pria sholeh,kalau kita melihat wajah wanita yng memakai cadar apalagi lulusan hafis Quran,maka memandang wajah mereka tdk akan pernah bosan,krn aku punya teman dan guru yg menggunakan cadar.walaupun aku hanya berjilbab.

  24. subhanallah…
    ku menangis membaca artikel ini.
    keinginan ku menjadi istri sholihah belumlah terwujud…
    ku berdo’a semoga istri nya benar2 sholihah dan bisa mendampingi suaminya sampai akhir hayat.
    dan ku do’akan untuk penjual mie ayam, semoga rizki nya selalu dilipat gandakan. amieeeeeeennnnnnnnn……..

  25. Alhamdulillah,,, Skarang Sy mempunyai Pendamping Hidup yg Cukup Sholeha, Insya Allah, smakin hari, smakin Sholeha, ga perlu yg Cantik, Baik Hati, Menurut apa Perkataan/Permintaan Suami (Dalam Hal Kebaikan), Bagi Ku itu lebih dari Cukup…

    Terima Kasih Permaisuri Ku Sayang…
    Kita sama2 Mendokan untuk Akhi2 & Ukhti2 yg Membaca Halaman ini mendapat Jodoh yg trbaik tuk mengisi hari2’y dgn Ssorang Pilihan’y d’dunia fana ini ya.

    Aamiin…

  26. subbhanawlah,,, jujur aja yah, aku adalah seorang istri, mendengar cerita ini hati ku terketuk untuk mengubh sifat2 q, yg mungkin masih kurang baik d dpn suami ku, smoga ALLAh mnjdikan q istri yg sholeha

  27. ya Allah, semoga dengan bertambahnya usia perkawinan hamba bertambah juga kesabaran dan kedewasaan hamba dalam menghadapi segala halangan dalam keluarga kami, semoga saya dan suami selalu satu tujuan untuk menuju keluarga yang Engkau ridhoi.. amin.

  28. subhanalloh tiada yang membahagiakan selain mempunyai istri yang solehah serta anak yang soleh serta solehah juga….
    Ya Allah semoga istri hamba juga menjadi istri yang solehah biar keluarga hamba menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah

  29. subhanalloh tiada yang membahagiakan selain istri yang soleha yang mampu membawa keluarganya kesurga moga kelak q dapat istri yang seperti di cerita ini amin ya rob

  30. SUBHANALLAH,,, Mudah”an kita kaum wanita bisa mencontoh ka wida, menjadikan qt seorang istri yg sholehah.. menjadi bidadari surga…
    aminn ya robbal alamin…

  31. InsyaAllah lagi belajar jadi istri sholehah, Subhaanalloh Allah langsung yang mengajarkannya lewat proses kehidupan. Kalau suaminya sholeh juga mungkin ga berat, tp adalah perjuangan yang berat menjadi istri sholehah ketika diberikan Allah suami yang mungkin dikatakan jauh dari sholeh, ya Allah ajarkan terus keikhlasan, kesabaran dan rasa syukur pada diri yang bodoh dan hina ini.amin..

  32. mraha suci ALlah dengan segala firmannya.apa yg di cöntohkan oleh saudari kita adalah idaman setiap lelaki yg bergelar suami… Istri yg salehat penyejuk hati dan pemberi dsedmangat untuk berkarier

  33. Semua keinginan saudara2 q smga trwujug,,ammmiiiin,,,
    Ttp tnggl dri kta sndri bisa mnjga kpribadian kita pa tdk,,insyallah bla kta bsa jga dri kta dri perbuatan yang dilarang Allah pasangan kita akan snantiasa trlindungi

  34. subhanallah,,,,,ya allah yg maha pengasih & penyanyang…alangkah bahagianya mereka,,, menitik airmata hamba,,membaca kisahnya, mudahan mereka selalu mendapatkan ridho kebahagiaan darimu ya rab..

  35. Subhanallah,,,,
    Ya allah ingin sekali aku mempuyai istri yg solehah seperti cerita ni ya allah, beruntung lah engkau memiliki istri yg sangat solehah,,,,

  36. Ini baru comen yg bagus tidak ada ketegan kl yg comen seakidah, “sesungguh’y sesama moslem itu bersodara” Aamiin….

  37. subhanallah.. terharu membaca pengalaman rumah tangga anda dengan istri.. semoga kelak sayapun mampu menjadikan diri sebagai istri yang sholehah untuk dunia dan akhirat calon suamiku kelak.. aamiin..

  38. Subhanalloh…menyentuh sekali cerita antum. saya ingin sekali menjadi istri yang shalihah, semoga Alloh menjadikan saya sebagai istri yang sholihah.

  39. indah sekali… membuat hati ini merasakannya meski belum teralami.

    ingin sekali punya isteri solehah…
    kalau bisa pesen kaya beli bakso. aku pesen langsung dah… ;D

  40. Subhanallah.. how inspiring it (the article) is^^
    Perlu diingat, memimpikan pasangan yang shaleh/shalehah tanpa menjadi shaleh/shalehah terlebih dahulu, itu seperti mimpi disiang bolong..
    Ada yang bilang, jodoh itu cerminan diri.. kalau mau punya pasangan cerdas, kita juga mesti cerdas..mau punya pasangan lembut, kita juga mesti lembut..
    Tapi, mungkin nggak sih? Ada keluarga seperti yang diceritakan diatas? Mungkin bapak Blogger yang satu ini trmasuk orang-orang yang beruntung..100 banding 1 (?)
    Tapi sudahlah.. jangan terlalu mikirin jodoh, toh sudah ad yang ngatur juga(:
    Umur 17th bt mikirin jodoh itu kejauhan-__- fokus sama pendidikan aj dulu, (kta orang sih gitu)
    Intropeksi diri aj dulu.. Untuk teman2 remaja lain yang baca artikel ini..sabar guys, belum waktux.. Belajar bener2 aj dulu(: dan selalu ingat PACARAN ITU HARAM!!
    Oia, Jazakallahu Khairan, pak blogger(:

  41. selamat berbahagia buat antum yang dikaruniai istri yang sholihah, jaga dan rawatlah agar setan jauh darinya, memamg dambaan bagi suami beriman beruntunglah hingga akhir hayat wa`aasyiruhunna bil ma`ruuf

Leave a Reply