Siapa Bilang Yesus Hidup Membujang? Oleh: Hj. Irena Handono Pakar Kristologi dan Pendiri Irena Center

irene-handonoTak akan ada umat Kristen yang mau mempercayai bahwa Yesus mempunyai istri dan keturunan. Karena, mana mungkin Tuhan menikah dan mempunyai anak? Bahkan kita umat Islampun, akan tercengang tidak percaya bahwa dalam sejarah hidupnya Yesus pernah kawin dan mempunyai keturunan, karena selama ini kita juga dijejali oleh cerita kaum Kristen bahwa Yesus adalah Tuhan, maka mustahil seorang Tuhan menikah bahkan mempunyai anak.

Kita umat Islam meyakini Yesus (Isa as) adalah seorang manusia, seorang nabi sebagaimana nabi-nabi yang telah berlalu sebelumnya. Sehingga tidak mustahil bahwa Yesus menikah dan mempunyai keturunan. Namun sosok Yesus sebagai manusia yang terlibat dalam sejarah telah dikaburkan sedemikian rupa, sehingga sejarah asli Yesus benar-benar gelap bagi sebagian besar umat manusia. Yang tinggal adalah Yesus yang dibungkus dengan pakaian ketuhanan sehingga bagi orang-orang yang tidak mampu menggunakan akal sehatnya, menganggap Yesus benar-benar sebagai Tuhan.

Tapi bagi sebagian manusia yang mau menggunakan akalnya, ketuhanan Yesus menjadi sumber pertanyaan akal yang tidak pernah berhenti. Mereka-mereka inilah yang sedikit demi sedikit, menguak misteri sejarah hidup Yesus.

Salah satunya, adalah seorang teolog, pakar Perjanjian Baru dan Gulungan Laut Mati, Prof. DR. Barbara Tiering, dari Univ. of Sidney Australia. Setelah melakukan penelitian terhadap gulungan-gulungan Laut Mati (The Dead Sea Scrolls), selama 20 tahun, sampai kepada kesimpulan bahwa Yesus, beristri, bahkan lebih dari satu, alias poligami.

Menurut sang Profesor, dalam sejarah kehidupan Yesus, Yesus pernah kawin bahkan dua kali. Dan upacara perkawinan Yesus, dapat ditelusuri dalam Perjanjian Baru sendiri, yaitu dalam Injil Markus-14:3, Yohanes-12:3 dan Lukas-7:37 dan seterusnya.

Markus-14:3.
Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.

Yohanes-12: 3
Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu.

Hubungan istimewa Yesus dengan Maria Magdalena, berabad-abad dibantah oleh gereja. Bahkan Maria Magdalena, difitnah sebagai seorang perempuan pendosa. Lihatlah Injil Lukas-7:37.

Tapi lanjutkan dengan membaca ayat-38 dari Injil yang sama: Lukas-7:38
Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu. 

Seorang perempuan yang mencurahkan minyak wangi ke kepala, ke kaki, dan menciumi lelaki tersebut, menurut Profesor Thiering, adalah upacara perkawinan bangsawan Yahudi. Dalam masyarakat Yahudi, tidak akan pernah ada seorang perempuan pun, yang ujug-ujug datang mencium seorang lelaki yang bukan muhrimnya karena perbuatan itu hukumannya adalah hukuman mati.

Yang perlu dipertegas lagi, Yesus adalah orang Yahudi yang meneruskan ajaran Nabi Musa as. Berdasarkan tradisi Yahudi, seseorang justru hanya akan diakui sebagai Rabi dan guru apabila seseorang itu menikah. Diperkuat dengan kenyataan bahwa orang Yahudi berpegang teguh pada perintah “Beranak cuculah dan bertambah banyak” (Kej. 1:27) dan pernyataan “Tidak baik kalau manusia itu seorang diri saja” (Kej. 2:18) serta tradisi bahwa seorang laki-laki Yahudi pertama-tama harus mempelajari Taurat (sebagai orang Yahudi Yesus juga mempelajari Taurat) sedangkan untuk mempelajari Taurat syaratnya adalah menikah.

Bantahan Prof. Thiering terhadap klaim gereja yang selama berabad-abad menutupi hubungan istimewa Yesus dengan Maria Magdalena, didukung oleh penemuan Injil Philip di daerah Nag Hamadi, Mesir pada tahun 1945.

Dalam Injil Philip ini, disebutkan dengan jelas, “Ada tiga orang yang selalu berjalan bersama Yesus: Maria ibundanya dan Maria saudara ibunya, dan Magdalena, yang disebut sebagai pasangannya. Dan pasangan dari Sang Juru Selamat (Saviour) adalah Maria Magdalena. (Dia mencintai) nya, melebihi cintanya kepada murid-murid yang lain dan sering menciumnya di mulutnya. Murid-murid yang lain berkata kepadanya: “Kenapa engkau lebih mencintainya dari pada kami?”. Sang Juru Selamat menjawab dan berkata: Kenapa aku tidak mencintai kalian seperti mencintai dia?” (59, 6-12; 63, 32- 64, 5)

Selanjutnya dari hasil penelitian Prof. Thiering, terungkap fakta bahwa acara pernikahan Yesus dgn Maria Magdalena, diselenggarakan pada hari Jumat tgl 22 September  tahun 30 Masehi. Acara resepsinya diselenggarakan tiga tahun kemudian, yaitu pada 19 Maret tahun 33 Masehi, jam 12 malam. Besoknya Yesus ditangkap, dan disalibkan.

Pada tgl 14 Juni 37 M, jadi 4 tahun setelah penyaliban, lahirlah anak Yesus yang pertama, yang diberi nama Jesus Justus. Anaknya yg ke-3 lahir pada 10 April 44 M. Namanya tidak diketahui. Anaknya yang ke-2 tidak ada informasi. Perkawinan Yesus yang kedua berlangsung dengan seorang perempuan yang bernama Lidia.

Kalau umat Islam, meragukan bahwa Yesus pernah kawin dan punya keturunan, maka buanglah keraguan itu jauh-jauh, karena Allah SWT berfirman dalam Alquran :

Sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul-Rasul sebelum engkau, dan Kami memberikan istri-istri dan keturunan kepada mereka. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (atau mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada Kitab. (Qs.Ar-Ra’d: 38).

Jadi, siapa bilang Yesus hidup membunjang?

(Tabloid Media Umat)

750 thoughts on “Siapa Bilang Yesus Hidup Membujang? Oleh: Hj. Irena Handono Pakar Kristologi dan Pendiri Irena Center

  1. Waduuhh semua2 pada hebat2 ya kalau mikirin masalah Tuhan Allah kita…..tapi kalian nggak ingat ya ….. siapa kita semua ini sebenarnya?????……..turunan dari siapa kita semua ini ya?????…..kalau anda2 semua membenarkan bahwa asal usul kita adalah dari Adam dan Hawa……apakah anda semua nggak mikir … dari mana asal cucu2…cicit2…Adam Hawa…..apakah nggak ada hubungan intim sedarah????…coba pikir…darimana asal kita lahir ???….kalau pikiran manusia , apalagi sudah diutak-atik sampai sekarang…hubungan sedarah itu apa dihallalkan????….kalau gitu bila diurut2kan, kita semua ini hasil dari hubungan sedarah kan…hallal kah???….. Coba pikir!! … Makanya “OTAK” kita semua manusia setingkat apapun keahlian/kehebatan kita … tidak bisa menembus Ke Agungan Rancangan Tuhan Allah kita….coba encamkan, …nurut saya lebih baik di khusuk kan iman kita masing2 dg keyakinan masing2….jangan selalu mencari kalah/menang…salah/benar…..begitu kalau nurut saya…suwun.

  2. 1. Yesus disalib oleh Yahudi karena mereka merasa jika Ia berhasil disalib maka memang terkutuk..”Seorang yang digantung terkutuk oleh Allah.” (Ulangan 21:23)
    maka saya lebih percaya Yesus tidak berhasil disalib…sedang yg disalib adalah orang lain..jika anda percaya Yesus di salib maka anda percaya bahwa Ia dikutuk.. :)

    2. Tetapi apakah Yesus mau disalib agar jadi juru selamat? perkataan siapa? hal ini bukanlah perkataan Yesus meskipun ada di Injil “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!” Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu. (Galatia 3:13-14)
    Galatia adalah surat dari Paulus kepada Jemaat..so bukan Yesus yg bilang , melainkan Paulus..

    jadi anda percaya Yesus ato percaya Paulus? :)

  3. Astagfirullah,
    Saudara-saudaraku umat Muslim dan umat Nasaroni yang di cintai Allah.
    La kuum dinu’ukum wa’aliyadin (Untuk mu Agamamu, untuk ku Agamaku)

    Dari tadi saya mengamati komentar-komentar di atas, sungguh di sayangkan sudah seperti umat yg tidak mencerminkan umat beragama. komentar-komentarnya sangat keji & tidak berprikemanusiaan, baik umat Muslim maupun umat Nasarani.

    Urusan Agama ataupun Urusan Kepercayaan kepada siapa harus menyembah adalah Urusan Manusia secara pribadi dengan Sang Khalik / Yang Maha Esa Saudara-saudaraku.
    Oleh karena itu mari kita stop diskusi ataupun debat yang menjadi mudarat atau dalam kata lain tidak bermanfaat di forum ini,
    Mari kita sama-sama merenungkan sudah sempurnakah kita di hadapan-Nya sehingga kita harus satu sama lain menggunjing apa yg menjadi bagian milik orang lain.

    Hal – Hal Seperti ini justru malah akan memperparah juga merusak dan memecah belah Hubungan kita sebagai Warga Negara Indonesia, di Tengah Bangsa ini yang sedang kacau balau.

    Oleh karena itu Saudaraku, mari semua kita stop hal-hal ataupun kegiatan yg cenderung sifatnya mengarah ke SARA, dan isi waktu kita dgn kegiatan positif untuk memperbaiki & membangun bangsa ini ke arah yg lebih baik.
    Kiranya itu saja yg dapat saya komentari

    Ass’alamu’alaykum & Salam Sejahtera

  4. Maaf, saya ingin mengkoreksi sedikit,,,
    Tuhan Yesus tidak pernah melakukan poligami, apalagi mempunyai isteri,,
    Yesus adalah MESIAS Anak Allah yang Hidup….

    Sbagai contoh : Yesus Melakukan banyak mujizat, Berjalan diatas Air, Merubah Air biasa menjadi anggur, Menyembuhkan orang buta, Membangkitkan orang yang mati…
    Apakah ada manusia biasa yang bisa seperti Yesus Sang Mesias ???
    Bahkan Yesus Menunjukkan bahwa Diri-Nya lah Jalan Kebenaran Yang Hidup…
    Tidak ada jalan Yang bisa menghantar kan kerumah Bapa ( Allah ) Selain Yesus..

  5. Buat Ibu Irene, saya hanya menyampaikan turut berduka atas hialangnya jalan keselamatan yang telah diberikan ALLAH BAPAK disurga kepada Ibu. Harapan saya semoga ibu bahagia dan kasih karunia Nya menyertai ibu, karena ibu salah satu domba yang tersesat. Ingat bu, Yesus datang untuk domba-dombanya yang tersesat. Satu hal lagi yang saya sampaikan dan harus ibu pelajari. Semua nabi adalah garis keturunan Ishak, sudah menjadi perjanjian yang kekal bagi ALLAH.

    • yang benar itu nabi isa di turunkan tuhan yang esa ke muka bumi untuk mengajak bani israil/israel meyembah tuhan.
      kalau yesus datang untuk domba2 yang tersesat berarti anda salah satu dombanya. hahahaha…..
      pantesan otak2 kalian seperti binatang. dasar bodoh!!!!!!

  6. bagaiman Irene Handono menyampaikan tentang kebenaran, sementara dia sendiri bohong tentang masa lalunya. Dimana di keluar dari proses calon biarawati krn tidak tahan dan menikah hingga mempunya anak tiga(msh katolik) selanjutnya dia jatuh cinta lg dan selingkuh dengan seoarng muslim sehingga hrs meninggalkan suami serta anaknya dan menikah dengan pria lain itu. Pernahkah dia berkata jujur untuk menyampaikan kebenaran tentang hal itu.?

  7. bukankah dia keluar dari postulan ursulin karena tidak dapat menahan nafu, dan bukankah dia masuk islam, meninggalkan suami pertamanya serta anaknya karena nafsunya terhadap lelaki lain yg beragama Islam.?
    Apakah pantaskah itu dikatakan sebagai serang yg berdakwah menyampaikan kebenaran sementara dirinya sendiri sudah tidak benar.? Bukankah semua ceramahnya hanya untuk meraup pundi2 rupiah sambil berlalu menutupi aib masa lalunya.? Sungguh terlalu… Engkau berdusta.!

  8. Jangan asal ngomong, urusin agama masing-masing, hidup lah berdampingan, agama tidak ada yang salah. Tapi orang nya yang salah.
    BODOH kalian semua

  9. Tolong ya yg kristen jangan banyak omong, kita lihat saja siapa yg salah…. karena kasih Allah tidak mengajarkan kita beradu apapun. karena sodara sepupu kita tidak tahu apa yang mereka perbuat. doakan saja supaya Tuhan kita yg penuh kasih, mengampuni mereka.
    amiin

  10. prof. dr. barbara tiering jg tidak percaya bahwa Yesus lahir dari perawan.

    hal ini jg bertentangan dengan alquran,berarti bu irena handono jg percaya bahwa alquran salah

  11. prof. dr. barbara tiering jg tidak percaya bahwa Yesus lahir dari perawan.

    hal ini jg bertentangan dengan alquran,berarti bu irena handono jg percaya bahwa alquran salah

  12. ooooaaaalaaaah …. yang bilang Yesus bukan Tuhan yo RAPOPO … yg penting jng saling menghina bahkan sampai mengucap kata2 kotor …”jagalah lidahmu terhadap yg jahat dan bibirmu terhadap ucapan yg menipu” (maz 34:14) . Suka melebih lebihkan apa yg terjadi jg sama dengan BOHONG ” Siapa yg mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yg jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu ” (I petrus 3:10 ) . Bila engkau mau memberi pengaruh , biarlah melalui aklak MORAL budimu dan kearipan keseharianmu … apapun yg di diwahyukan Tuhan kepadamu masing2 jadilah yg terbaik buat Tuhan. APAKAH KALIAN PERNAH BENAR2 dgn rendah hati dan berserah dan bertanya TUHAN YG MAHA PENGASIH DIMANAKAH TEMPAT aku harus mengabdi KEPADAMU ?… sampai kamu menemukan jawabannya… bila Roh kudus atau Roh Tuhan sudah memberi jawabannya . Jadilah yg terbaik buat Tuhan . GOD BLESS YOU FOREVER

  13. hasil penelitian Prof. DR. Barbara Tiering, dari Univ. of Sidney Australia mengatakan: 4 tahun setelah Yesus disalibkan, lahirlah anak Yesus yang pertama.. pertanyaannya: waktu Yesus disalibkan, apakah Dia tidak mati, sehingga masih memperoleh keturunan 4 tahun kemudian. kalau Yesus tidak mati, kapan matinya.. ataukah Yesus mati setelah penyaliban, namun istrinya hamil selama 4 tahun . tidak jelas hasil penelitian ini. tidak dapat dipercaya atau yang menyadur ulang yang nggk jelas..

  14. agama mana yang bilang harus menghina orang lain? keyakinanmu, ya keyakinanmu..
    tiap hari berbuat dosa, jadi jangan terlalu menghina orang apalagi Tuhan.. memangnya anda sudah suci? kalau anda hidup di tahun yang sama, ya silahkan komentar… zaman sekarang banyak penyesat, jadi jangan sok tau.. kembali ke diri masing-masing

  15. Biarkanlah saja, sesungguhnya kelak mereka akan mengetahui mana yg benar dan mana yg salah di akhirat nanti. Allah sudah memberi balasan yg setimpal bagi mereka yg menyembah-Nya dan yg mengingkari-Nya.

  16. Sesungguhnya Agama yang paling benar, Paling mulia, Disisi Allah Adalah Agama ISLAM, bebicara masalah Yesus maka berfikir Apakah Injil itu Benar?? jawabnya Sudah Tidak Benar. Karena Sudah banyak mengalami perubahan Campurtangan Manusia Yang tidak bertanggung jawab atas suatu kebenaran””

    • Agama mengajarkan berbuat baik…tapi sifat manusialah yg mengendalikan baik atau buruk…anda setiapmhari mau sholat or ke gereja tdk akan mempengarui..jika sifat dan pikiran kalian msh kotor.semua agama tidak sama…islam tdk menghargai perbedaan ..(qur’an an nisa(4):89).kristen lebih realistis..walaupun kebenaran akan yesus selalu diperdebatkan.kristen mengajarkan kasih…islam juga mengajarkan kasih…di kristen ada 1 ayat yg untuk membunuh…di islam banyak ayat di alquran untuk membunuh kafir.dan selama kafir msh hidup di muka bumi..maka islam akan selalu perang dan membunuh.setelah kafir lenyap dr muka bumi islam akan terus berperang..dan pertumpahan darah di dalam islam tdk akan pernah usai…kecuali kiamat.di indonesia semua mahluk astral drmislam semua…jadimsaya sempat berfikir..apabila masuk islam akan menjadi setan kelak.di amerika..setannya takut ama salib..di cina setannya takut ama Budha..inti dr tulisan ini adalah.”seseorang tidaklah hina atau kotor karena kelahiran,tidaklah juga kelahiran menjadikan seseorang menjadi hina”

  17. Salam Islam.
    Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh.

    Kami umat Islam meyakini bahwa nabi isa alaisalam TIDAK mati terbunuh dan TIDAK mati tersalibkan.
    Sesuai dengan ayat yang tercantum dalam Kitab Suci al-quran “wamakaluhu wamasolabuhu” bahwa org yg terbunuh pada waktu itu adalah org yg diserupakan wajahnya dengan nabi isa alaisalam.
    Dengan kata lain bukan Nabi Isa yg sesungguhnya.

    ____Point 1
    TAPI… katakan saja bahwa kami umat islam percaya bahwa katanya penyaliban itu ada…!!!
    Kalau ada “KENAPA TUHAN itu MATI…???”

    ___point ke 2.
    Kalau ada Kebangkitan berarti ada kematian…!!!
    Terus kalau katax umat kristen dia adalah Nabi Isa alaisalam yang dibangkitkan.
    Mengapa ia meminta sepotong ikan panggang dan Madu. Untuk apa, untuk membuktikan apakah dia Tuhan atau apakah dia Manusia…???
    Dia makan dan minum Madu itu karena apa…?. Karena dia terlahir sebagai manusia yg terdiri dari daging dan tulang.
    (Manusia tetaplah manusia)

    —“apakah anda TIDAK pernah melihat org yg sdh meninggal hidup kembli…? Paling TIDAK anda pernah mendengar dr mana sj. Klo anda pernah dengar,,, kenapa umat kristen tdk menyebut jg bhw org itu adalah Tuhan… Klo kami islam menyebutx Mati Suri”—.
    —“Trus… umat KRISTEN jg meyakini konsep tritunggal. Apakh anda tidk prnah melihat manusia yg di hinggapi dgn ROH… Klo kami umat islam menyebut dia adalah org yg kerasukan…
    Klo umat kristen menyebut apa…??? Kerasukan jg yah…
    Lantas apakh pantas klo tuhan anda disebut Yesus yg Kerasukan…???
    Jawabx TIDAK.
    Tp apa jawaban yg tepat…
    Sebutan yg tepat adalah KERISUKAN (KERIsten yg keraSUKAN) dgn nama lain TUHAN-TUHANan.
    Smg Bs jd renungan…!!!

    Tp Saya hax memberi sedikit pertentangan yang ada dalam alkitab. Karena saya sadar bahwa postingan dari Saudara AAN_ diatas adalah…
    “SiAPA BILANG BAHWA YESUS HIDUP memBUJANG…? oleh Hj. Irene Handono sebagai Pakar Kristologi dan Pendiri Irene Centre”.
    Untuk itu marilah KITA mengkaji topik itu secara dingin, terbuka dan mengutamakan Logika tanpa keluar dr judul diatas.
    Terserah ANDA mau mengutip dari ayat manapun, bisa, saya rasa itu lebih bagus…
    Tapi kali ini saya hanya MEMBUKTIKAN saja dari apa kata PROF. DR. BARBARA THIERING dari Univ. Sidney Australia. dia adalah Pakar Teolog, perjanjian baru dan gulungan laut Mati. Selama 20 tahun,sampai kepada kesimpulan bhw yesus, Beristri lebih dari sekali (poligami). Sapa yang mengatakan…?, injil Markus-14:3, Yohanes-12:3 dan Lukas -7:37.
    Bahkan dalam injil Markus-14:3 pun menyebut bahwa yesus duduk makan. Kok tuhan makan… Ckckckckk___
    Jadi jangan salahkan ibu Hj. Irene Handono jg bpk prof. Karena mereka hanya menyampaikan pesan itu kesesama ISLAM yg ia kutip dari ALKITABnya org keristen yang katanya firman ALLAH, klo itu firman ALLAH brarti TIDAK ada 1 ayat pun yg bertentangan dgn ayat yg lain.
    disitu mnjelaskan sangat gamblang. Baca baik2 ayat yang dikutip oleh prof. Dari alkitab “Nunjuk ayat diatas”.
    “Seorang perempuan yang mencurahkan minyak wangi ke kepala, ke kaki, dan menciumi lelaki tersebut, menurut Profesor Thiering, adalah upacara perkawinan bangsawan Yahudi.
    bahwa orang Yahudi berpegang teguh pada perintah “Beranak cuculah dan bertambah banyak” (Kej. 1:27) dan pernyataan “Tidak baik kalau manusia itu seorang diri saja” (Kej. 2:18) serta tradisi bahwa seorang laki-laki Yahudi pertama-tama harus mempelajari Taurat (sebagai orang Yahudi Yesus juga mempelajari Taurat) sedangkan untuk mempelajari Taurat syaratnya adalah menikah.

    ___Point 1 dari Topik ini.
    Kalaupun Yesus menikah kenapa anda tdk menerima hal tsb, sebab bukankah dia terlahir sebagai manusia yang mempunyai rasa dan nafsu.
    Atau katakanlah bahwa yesus TIDAK menikah, dan umat kristiani sebagai hambanya yang taat.
    Terus hambanya kenapa MENIKAH…?
    Berarti Hambanya MUNAFIK dong, krn cmn mengatasnamakan dirinya kristen sementara hambanya TIDAK mengikuti apa ajaran Tuhanx. Yang kami umat ISLAM menganggap bahwa Nabi Isa Alaisalam itu sebagai Nabi ALLAH SWT yang terlahir dengan ajaib tanpa campur tangan manusia seperti umat kristen pada umumnya.

    ___Point 2 dari Topik ini.
    Apa perbedaannya Uskup Pastor, Biarawati dgn para pengikut yang lain (kristen)…?
    Sebernarnya Pengikut yang Taat terhadap Yesus Kristus yang mana Sich…?
    Kok ada yg Menikah ada yang TIDAK (contohx para Misioneris kristen)… Bukankah kita terlahir sebagai manusia yang mempunyai Hawa Nafsu.
    Tapi kalau umat kristen Pun menikah ALLAHAMDULILLAH, berarti anda ISLAM.
    Saya berikan selamat kepada ANDA yang mengaku dirinya Kristen. Karena TIDAK mengikuti Tuhannya. Good Job.

    Wassalam_

  18. Salam Islam
    Assalamualaikum Warohmatullahi Wabaraktuh

    #anggrek11
    #kalem_saja
    #pembaca
    __________.
    Sangat Logis. +99 Like
    Mksh utk sharingnya.

    Bagi yg tdk memahami isi Postingan di atas JANGAN SOK TAU. Baca dl baik2 bru bls. Takutx anda salah menilai org.
    postingan diatas sbnarx utk umatnya siapa…???

    Bu Hj. Irene Handono, tetaplah berdkwah & Kami Berterima kasih atas apa yg anda sampaikan kpd kami umat ISLAM “. Dan smg org2 yg KAFIR dpt menemukan kebenaran yg sesungguhx. Paling Tdk, mrka yg KAFIR dpt mnjd lebih baik dari yg KAFIR.

    Wassalam

  19. Orang-orang ini berdebat seakan-akan sudah menjadi ahli dan peneliti…padahal tidak….berdebat bukan untuk saling menjatuhkan dan memaksakan kehendak kepada orang lain tetapi untuk saling memahami dan akhirnya dengan paham akan perbedaan itu orang makin saling menghargai dan hidup dalam imannya denga bahagia. Katakanlah apa yang kamu imani dan hiduplah dalam imanmu itu dan jangan pernah memaksakan imanmu kepada siapa pun. Kamu mengatakan dirimu sebagai orang yang beragama dan percaya pada Allah. apakah agama dan Allah mengajarkan pada anda untuk menjelek-jelekkan agama di luar agamamu? Agama dan Allah tidak pernah mengajarkan kebencian kepada manusia. Bila itu terjadi betapa kejam Allahmu itu dan itu bukanlah Allah yang layak dan pantas untuk disembah. Allah tidak pernah mengajarkan agar manusia saling membenci. Allah tidak pernah memaksakan kehendaknya kepada manusia. Dia selalu memberikan kepada manusia dan manusia mesti mempertanggungjawabkan kebebasan itu nanti ketika saatnya telah tiba, termasuk nanti mengenai iman manusia itu sendiri. jadi kawan…tidak ada gunanya berdebat untuk saling menjelekkan….anda seakan-akan membela Allah dan berasal dari pihak Allah tapi tanpa anda sadari anda bukan dari pihak Allah yang kamu bela…tapi iblislah yang kamu bela yang tanpa kamu sadari telah menanamkan kebencian padamu. Kebencian adalah bagian dari iblis dan itulah yang selalu diajarkan dan ditanamkan oleh iblis pada manusia.

  20. …ketika mata hati,akal pikiran sudah ditutup maka diberi penjelasan apapun tidak berguna..ketika baik bagimu laksanakanlah.jangankan level manusia.level nabipun yg mengajak kejalan yang benar kalo tuhan tidak menghendaki maka tetap sesatlah ia
    berpikirlah dengan akal sehat perdalamlah agama yg kalian benci supaya tau kebenaran yang sesungguhnya.

    tuhan satu tidak beranak dan tidak diberanakan
    seluruh manusia adalah ciptaan alloh swt
    domba yg tersesat silahkan kembali ke jalan yg benar,manusia yg khilaf bertobatlah

  21. wadowwwwwwwwwwww, kawin nggak kawin aja sampe komentarnya ngebadeg, dasar wong kerjanya hanya mengikuti nafsu buktinya saling tuduh, ingat kau akan diadili oleh dirmu sendiri, apa nggak takut jika dimata Tuhan Allah nggak bener, kita akan mengakuinya dusta kita, akhirnya masuk neraka, sedikit sekali manfaatnya jika otak kita sudah dibawah binatang, nafsunya gede setan tertawa hell…hell..hell….setan ngomong mari masuk neraka bersamaku, kena dah gua tipu adu domba…………………….., dasar manusia udah lupa Tuhannya.

  22. “Pada tgl 14 Juni 37 M, jadi 4 tahun setelah penyaliban, lahirlah anak Yesus yang pertama, yang diberi nama Jesus Justus.” ANEH YA? 4 TAHUN SELEPAS PENYALIBAN ANAK YESUS PERTAMA LAHIR, KOK MAGDALENA BISA HAMIL AMPE 4 TAHUN DAN BUKAN 9 BULAN??? WOW TERNYATA YESUS BENAR-BENAR PUNYA MUKJIZAT SEHINGGA YG ISLAM LAGI PADA NGIRI….. PLS LAH IRENA, GET A LIFE. KALAU UDAH JADI ISLAM, LAYANI AGAMAMU SONO. KAMI PUNYA AGAMA DAN KEPERCAYAAN SENDIRI, TAPI KITA TETAP MENYEMBAH TUHAN KARENA TUHAN ITU SATU.

    • Irena anda skrg seorang muslim…berdakwalah sesuai agamamu..jgn berdakwah untuk menjelekan agama yg lain..mulutmu harimaumu..semua hanyalah menungguwaktu…semua akan terbongkar..

  23. Penemuan Injil kuno yang diyakini, Sebagian orang memprediksi injil tersebut adalah INJIL BARNABAS. Menurut mailonline, injil yang tersimpan di Turki itu ditulis tangan dengan tinta emas menggunakan bahasa Aramik.
    Dalam Injil Barnabas memang diungkapkan tentang akan datangnya Rasul bernama Muhammad SAW, setelah Nabi Isa. Berikut ini isi Injil Barnabas yang menyebut tentang Nabi Muhammad:
    Bab 39 Barnabas: ”Terpujilah nama-Mu yang kudus, ya Allah Tuhan kita… Tiada Tuhan Selain Allah dan dan Muhammad adalah utusan-Nya”.

    Bab 41 Barnabas: “Atas perintah Allah, Mikael mengusir Adam dan Hawa dari surga, kemudian Adam keluar dan berbalik melihat tulisan pada pintu surga ‘Tiada Tuhan Selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah..

    Kami Umat Muslim, kami mencintai Yesus kristus, kami menghormatinya, kami mengikutinya, tapi kami tidak menyembahnya, karena dia Rosul Tuhan BUKAN Tuhan.

    Terima kasih.

  24. Seorang kisah pemuda muslim yang diberi pertanyaan oleh seorang Pendeta sebanyak 22 pertanyaan, singkat cerita persoalan terjawab oleh pemuda muslim, dan pemuda muslim membalas memberi pertanyaan kepada Pendeta tersebut cuma 1 pertanyaan.
    pertanyaan nya : APA KUNCI NYA MASUK SURGA ?
    Pendeta menjawab dengan … jawaban nya “AsshHaduala ilahailallah wa AsshHaduana muhammadurrasulullah”
    artinya: aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa
    Muhammad adalah utusan Allah.

  25. Kalau Muhammad masih hidup, sudah tentu erene Handoko akan dijadikan seler dalam Harem nabinya, sebagai tiap pagi dia harus siap mencuci kontol nabinya, dan mengisapnya tiap saat agar wahyu akan turun melalui vagina Erene Handoko..?

    Sayang nabi yang dia puja sudah mampus, ini masalahnya, apakah dia sudah pernah datang ke Medinah melhat nabi setan Muhammad disana…?

    Saya anjurkan agar dia ke Medinah, saya aja sudah ke Medinah, untuk membuktikan apakah memang ada kuburan anak setan Muhammad di Medinah, ternyata memang ada,
    dan saya berkata ini upamu hai anak setan Muhammad dalam siksaan kuburan Medinah.

    Gitu aja kok report membalas kebohngan Erena Handoko.
    tulisa ini Therapy bagi diri mu erene Handoko,

    • Begitulah kesantunan yang diajarkan Kristen melalui ayat-ayat perzinahan dan percabulan di perjanjian lama. Semuanya nempel pada mulut orang ini.

    • @Mr.Nunusaku
      Seandainya Muhammad Rasulullah masih hidup, anda pasti dan pasti akan menghampirinya sekalipun dengan merangkak melewati bara api untuk memohon maaf dan menyatakan penyesalan atas kata-kata kotor anda.

    • @Mr. Nunusaku : komentar anda memperlihatkan isi otak dan pemikiran anda yang sesungguhnya.
      Semoga anda diberikan pengampunan olehNya…

  26. Setan / Iblis … raja Dusta dan penipu
    Allah..bukan pendusta… apalagi mengadakan pembohongan publik
    dalam kisah penyalipan nabi Isa..
    banyak diyakini orang … nabi Isa digantikan rupa ..( yudas iskariot )
    ini membingungkan
    1, Allah telah membuat kebohongan publik…mengganti orang lain
    2, sebelum disalip lewat persidangan dulu,,,, tentunya si yudas teriak teriak ,protes kalau dia bukan Yesus… ( Sisini Allah .. adalah Allah yg kejam )
    3, apa tidak ada cara lian klau hanya untuk menyelamatkan nabinya…?
    4. parahnya lagi ,,,nama yudas berasal dari ASUMSI….. tidak ada dasar ,,ayat pendukungnya…

  27. nampaknya hj irene handono pun tidak memahami injil maria dalam injil itu mengasihi Yesus kerna Yesus mengasihinya sama seperti dia mengasihi orang lain. semua kristen tahu tuhan tidak diperanakkan bukan orang islam sahaja mempunyai otak. pelik semua orang islam bertukar menjadi orang arab harus berbahasa arab untuk berdoa adakah allah orang arab.

  28. hadeeeh… udah sih ribut mulu nih. yg salah itu ngapain lu masuk masuk ke forum dakwah islam dol…?? ya jelas elu pada kepanasan lah ngeliat kebenaran yg sesungguhny :P tau gak neil amstrong ajah masuk islam ko.. dia ngedenger adzan dibulan. dan tau gak hampir seluruh ilmu yg sekarang ada dasarnya ngambil dr alquran. kaya planet dan tata surya ituhkan udah dibahas di al quran jauh sebelum penemu penemu yang sekarang tersohor. sebetulnya pada hakikatnya semua ajaran itu sama acuannya pada ALLAH SWT, tapi dulu sebelum dirubah rubah. sekarang mah hanya al qur’an yang memang masih orisinil. memang cuma baginda muhammad saja yg sabar dan tahan menghadapi org2 kafir, untuk kita mah sebagai umat muslim lakum dinukum ajah lah.

    • Alquran memang orisinil itu sudah pasti…makanya pengikutnya teroris semua,karena keaslian alquran..para pembuat onar yg selalu memgikuti apa yg tertulis di alquran…sebuah kitab yg isinya untuk saling membunuh para penganut kepercayaan lain..kitab yg tdk bs menghargaimperbedaan…kitab yg menghalalkan yg haram dan mengharamkan yg halal

  29. Waduh duh apakah agama muslim ini seperti itu sifatnya menghina agama lain.yesus itu tidak menikah kalau memamg menikah mana buktinya memamng kamu siapanya yesus memangnya kamu anaknya yesus,sama saja kamu mempermalukan agama mu sendiri

  30. Pada waktu Yesus ditangkap keesokan harinya, sebelumnya dia merayakan paskah bersama sama dengan murid muridnya, jadi waktu nitu Dia bukan sedang melangsungkan resepsi pernikahan

  31. “Sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul-Rasul sebelum engkau, dan Kami memberikan istri-istri dan keturunan kepada mereka. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (atau mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada Kitab” demikian Irene Handoko, mengutip Qs.Ar-Ra’d: 38. BUKANKAH INI AYAT FAVORIT SI NABI ISLAM MUHAMAD UNTUK MELEGALKAN DIA MEMILIKI BANYAK ISTRI?

  32. orang yg beragama keristen itu manusia yg paling bodoh , alasanya : yesus ( isa a.s) adalah manusia ciptaaan allah , sama seperti manusia pada umumnya , jika yesus tuhan apa mungkin dia dikeluarkan dari vagina ibunya , bukankah tuhan yang menciptakan alam semesta , adakah di injil tentang yesus menciptakan alam semesta , ?
    kristen , katolik , itu agama orang yg tertipu sama si saul ,

  33. Irena Handoyo….., gak usah jelek2in agama yg sudah kmu tinggalkan. Itu cuma mempermalukan dirimu aja. Jelas2 kmu seorang wanita yg gak jelas juntrungannya; wanita yg udah bberapa kali menikah dgn laki2 lain, dan demi untuk mencari pembenaran diri, kemudian anda kait2kan dgn Maria Magdalena yg kmu katakan istri Isa Almasih. Bikin malu aja kmu! Maria Magdalena lebih baik ahlaknya dari pd dirimu; yg berkedok mualaf dan pake jilbab padahal wanita murahan masa kini!!

  34. Kalian ini kan udah pada dewasa, kenapa harus mendebatkan hal seperti ini? Kalau kalian punya agama silahkam jalani dan taati agama kalian, agamamu adalah agamamu dan agamaku adalah agamaku.
    Intinya tuhan itu ada 1 tergantung kalian berkeyakinan atau mau beragama apa, yg jelas siapa yang tidak mentaati Tuhan maka iya akan mendapat ganjaran yg setimpal dengan dosa dan nerakanya, begitu juga sebaliknya kalo kita mentaati tuhan maka iya akan mendapatkan surganya.
    Sekali lagi saya tekankan TUHAN HANYA SATU!
    Ayo kita berfikir realistis, jika tuhan lebih dari satu siapakah yg menciptakan alam semesta ini? Jika tuhan lebih dari satu tidak mungkin alam semesta ini terbuat sangat sempurna, karna kalau tuhan lebih dari satu kita ibaratkan saja seperti pemimpin indonesia, pemimpinnya banyak tapi tidak ada pemerintahan dan negara yang sempurna, jadi berfikir kembali deh, kalian itu udah pada pinter jadi jangan mau dibodoh2in. banyak oknum yang mau memperbelah kerukunan umat beragama di dunia ini.

  35. sakjane yesus itu siapa sih?? kadang dibilang tuhan kadang anak alah.
    yang konsisten dong, ojo mencla mencle..

  36. Innalillah,,,astaghfirullah,sadarkah sauda2 ku smua non muslim dengan kata2 kalian???pegang ucapan saya,klo sy dusta boleh kalian potong lidah sy,,,Setiap org punya masa lalu yg buruk tidak trkecuali anda/pun kluarga anda,,dan sy pun gak mngenal dgn H.Irene,,akan ttapi itu Hidayah Allah kepadanya,,Hidayah hanya d berikan kepd org yg di kehendakinya,,,tak lain dari non muslim untuk mnjadi muslim/mualaf,,,adakh kaum d antara kami yg masuk di agama kalian/non muslim???karna Hidayah Tuhan???tak lain tak bukan pasti ada,tp ingat itu bukan krna hidayah Allah,namun karna harta yg menyilaukan matanya,,,inilah kelebihan bangsa Yahudi,yg sdemikian panda memutar balikkan kebenaran,dan menyembunyikan kbenaran yg sesungguhnya,dan ingat,Janji Allah Pasti nyata,Bahwa Yesus kalian(Isa as) sgt d junjung Tinggi dlm islam krna kenabiannya,bukan di Sembah sperti pada agama kalian,Nabi Isa yg akan membebaskan kaum muslimin dari Dajjal(Nabi yg d sembah bangsa Yahudi di akhir zaman,,,dan membeberkan atas kebohongan dr ajaran kalian ,zabur,taurat,injil,yg Kalian Sengaja Kurangi dan kalian tambah/lebih2kan hingga kalian tersesat,dan Isa lah yg akan memimpin Umat Islam untuk tetap teguh dan beriman kepda Allah,,krna smpai skrg nabi Isa tdaklah mati,melainkan masih ada dan dtg di akhir zaman memberikan keterangan atas kebohongan bangsa kalian sndiri,,,,

  37. Andai kalian sadar sahabt non muslim,,,injil yg kalian terima bnar2 sudh di ganti oleh org2 sbelum kalian ,yaitu Yahudi,,agar kalian bner2 sesat dan mnjadi boneka mereka,mreka akan tertawa d atas kesenangan anda d atas agama anda,,,,dengan mudhnya yahudi memutar balikkan keadaan,Tp kami Muslim,tetap pada pendirian kami,Bahwa Tuhan Kami Adalah Allah,tidak beranak,dan tidak pula d peranakkan,,,Allah Adalh Dzat yg Maha Tinggi,,dzat itu berarti tdak berbentuk tidak pula berwujut,bagi anda yg bertanya tentang dzat Allah,,,laknat menantimu,,ingat Teori Darwin,klo manusia nenek moyangnya adlh kera???nah itulah kpandaian bangsa Yahudi Darwin,,,mencoba membohongi sluruh dunia,,,mencoba mengacak2 Aqidah islam,,Bahwa dlm islam dan Alquran nenek moyang manusa hanyalh Adam Dan Hawa,dan tahukah kalian bhwa seluruh khidupan yg ada di bumi smua ada dlm Al Quran,,,dan smpai detik ini masih tetap di pakai dlm khidupan stiap manusia jika kalian sadar sobat….Al Quran datang,bukan untuk memecah Belah,,,tp Datang Untuk Menyempurnakan kitab2 sebelumnya,,,segala yg ada di alquran belum tentu ada pd kitab2 kalian,,tp jgn salah,segala yg ada di kitab kalian,semuanya di perbaiki dan di sempurnakan dalam Al Quran,,,,itulah Makanya Al Quran di sebut Pula Al Furqan,yg berarti Pembeda,pembeda dr kitab2 sebelumnya,krna isi kndungan dlm al quran untuk smua umat manusa berlaku speajang masa,,,sdgkan kitab kalian berlaku pada masa nabi2 anda dulu jika kalian paham,,,,,adakh Tantangan Allah Pada kitab Kalian yg berbunyi” jika kalian bisa,buatlah 1 kalimat yg serupa dengan Al Quran”???

  38. keturunan ismail itu muhamad,dan Nabi Nabi itu dari garis keturunan iskak……gak usah mengada ngada…memutar balikkan fakta…toh semuanya akan terbukti dr apa yg tertulis di Alkitab.

  39. kenapa alquran berbahasa arab,biar orang non muslim gak tahu isinya alquran…..yg mengajarkan membunuh itu masuk surga………..sampai sampai ada yg bunuh diri buat masuk surga…….

  40. Katanya Nabi
    ,suci,pahaalanya banyak…..mati saja minta di doakan masuk surga……

    yang punya hari pembalasan itu Isa(yesus) dialah Tuhan.yg akan datang di hari kiamat untuk mengadili umat manusia.

    Kenapa bukan muham
    ad….?
    Kenapa nabi Isa…..sebenarnya muhamad tahu Siapa Nabi Isa….baca surat Alfatihah.

  41. Lucu ngeliat smua koment2 di atas,,,
    Yesus mengajarkan kasih
    Kalau alkitab uda di ganti isinya ya ga apa2 toh isinya juga ga ngajarin kita berbuat dosa,,,
    Muhamad itu nabi terakhir,,,
    Yesus itu juruselamat manusia

    Ada anak kecil bertanya pada ayahnya,,,
    Anak kecil : kenapa kita harus ikut cara hidup nabi muhamad
    Ayah: supaya kita bisa tau siksa nabi mengajarkan islam
    Anak : ayah kok pake baju kanyak ibu2,,
    Ayah : bukan nak ini pakian yang nabi pakai
    Anak : ohhh berarti ayah belum sepenuhnya kayak nabi muhamad,,
    Ayah : ???? Kok gitu???
    Anak : iya soalnya ayah ke mesjid pake mobil,,
    Nabi muhamadkan pake unta,,,
    Ayah : *#-_#*# (bingung jawabnya)

  42. Aku yakin kalian ini cuma islam KTP
    Kristen KTP..!!!
    Aku mau tanya kenapa ISLAM mengharamkan babi sama anjing???
    Kristen apa sih konsep tritunggal itu???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s