Masjid “Jin” Tiban di Malang

masjidTibankecilMasjid Tiban malang, masjid megah 9 lantai yang konon dibangun oleh jin
pernah dengar soal Masjid Tiban atau Masjid Jin, tidak? Masjid megah yang terletak di Jalan Wahid Hasyim, Gang Anggur, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, ini konon disebut-sebut sebagai Masjid Jin. Pasalnya, menurut warga sekitar, tidak ada yang tahu tentang pembangunan masjid ini. Tiba-tiba muncul begitu saja.

Tetapi menurut para santri yang menghuni masjid yang sekaligus juga merupakan pondok pesantren itu, Masjid Tiban telah dibangun sejak tahun 1991. Memang dalam proses pembangunannya, masjid ini tidak menerima sumbangan dari pihak luar. Bahkan para pekerjanya pun adalah para santri yang mendiami pondok pesantren Masjid Tiban. Jadi wajar saja jika tidak banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Terlepas dari benar tidaknya tentang isu Masjid Jin ini, sekarang masjid Tiban telah menjadi salah satu tujuan wisata religi di daerah Malang Selatan. Bangunan yang memiliki 9 lantai ini sungguh merupakan bangunan masjid mewah yang mengundang decak kagum siapa saja yang mengunjunginya. Pertama memasuki masjid, Ngalamers akan melihat sebuah tembok yang sengaja didesain mirip dengan gua.

Sungguh tidak seperti masjid pada umumnya, arsitektur masjid ini sangat mengagumkan. Bahkan di bagian luar masjid terdapat sebuah kebun binatang mini dengan beberapa hewan seperti monyet, burung merak, rusa, burung dara, dan beberapa hewan lainnya. Bagi Ngalamers yang ingin naik perahu berkeliling danau buatan pun tersedia fasilitasnya. Namun sayang, karena kurangnya promosi atau pemberitaan, jadi masih sedikit masyarakat Malang ataupun di luar Malang yang mengetahui tentang keberadaan Masjid Tiban ini.

About these ads

3 thoughts on “Masjid “Jin” Tiban di Malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s